Saturday, November 16, 2013

Jualan di Etsy (what you'll need first)

Tahun 2012 kemarin, saya memulai 'petualangan' di dunia online shop. Ga tanggung-tanggung, saya langsung membidik Etsy.com sebagai platform jualan saya. 
NEKAT! itu kata yang pertama terlintas di pikiran.. Ngeliat ribuan barang-barang jualan di Etsy, saya sempat ga yakin bisa seperti sellers disitu. Tapi saya ga mau patah semangat sebelum 'bertempur'. 
Yang saya lakukan pertama-tama adalah googling semua situs khususnya dari Indonesia yang berbagi tulisan tentang cara jualan di Etsy. Ternyata lumayan banyak juga. Tapi tidak semua tulisan (khususnya blog) yang sharing pengalaman tentang Etsy. Padahal di blog-blog luar negeri, ada banyak penulis blog sekaligus Etsy seller yang mau berbagi tips-tips jualan di Etsy. 

9 November kemarin genap setahun saya 'buka lapak' di Etsy.  Hasilnya: 59 sales, lebih dari 1000 items yang sudah terjual. Alhamdulillaaah.... Mudah-mudahan saya masih bisa bertahan di tahun-tahun berikutnya. 


Di blog ini saya mo berbagi sedikit pengalaman buat teman-teman yang mau mencoba jualan di Etsy. Tidak banyak, tapi mudah-mudahan bisa bermanfaat. 

Oke, pertama-tama, ini syarat utama untuk memulai jualan di Etsy:

1. Handmade passion. Saya yakin teman-teman pasti sudah punya persyaratan yang ini   :)
2. Buka akun di Etsy.  register disini. Di Etsy, setiap penjual atau pembeli harus punya akun. 
3. Untuk membuka toko, setiap penjual diwajibkan punya akun PayPal. Disini Paypal jadi media transaksi utama. Saat registrasi nanti, kita diwajibkan mencantumkan PayPal address. So, sebaiknya, buka akun Paypal dulu yah.. 
4. Syarat ke-4 adalah Kartu kredit. Yep.. si kartu hutang itu.. :)  Sebelum jualan di Etsy, saya ga pernah punya niat ato keinginan punya kartu kredit. Buat saya kartu kredit itu seperti 'kartu setan'!! hahaha... Tapi, ternyata di PayPal kita diharuskan memiliki kartu kredit. di postingan berikutnya saya bakal cerita proses kartu kredit dan PayPal ini lebih lengkap. 

See you at the next post! 






5 comments:

  1. salam kenal mbak :)

    thank you for sharing info jualan di etsy, kebetulan lagi nyari info tentang etsy dan emang pingin bisa jualan di etsy juga :). Ditunggu postingan selanjutnya..

    salam,
    edhini

    ReplyDelete
  2. nice and simple artikel
    ane belajar dolo :D
    mau jualan juga

    ReplyDelete
  3. nice share, kalo boleh dilanjut dong tipsnya, saya juga baru mau jadi newbie (apa coba?) pengen juga buka lapak handmade saya di etsy, tapi bingung nih tentang credit cardnya, soalnya masih kuliah juga sih

    ReplyDelete
  4. mau nanya, klo kita julan di etsy, klo barang kita diorder, pembayaran diterima seseudah barang terkirim atau bagaimana?

    ReplyDelete
  5. bisa bantu step by step open etsy shop? saya bingung untuk setting halaman get paid-nya gimana? di listnya tidak ada indonesia. Saya punya akun paypal. untuk setting menerima pembayaran via paypal gmn? thanks. :)

    ReplyDelete